Mencoba untuk menginformasikan seputar ilmu pengetahuan dan teknologi

10+ Alat Pemersatu Bangsa Yang Seharusnya Kamu Ketahui

Tulisan kami yang berikut ini adalah mengenai alat pemersatu bangsa yang sudah seharusnya kamu ketahui bersama sebagai wujud kecintaan kita sebagai Bangsa Indonesia. So, untuk mengetahui mengenai hal ini lebih dalam kamu, silahkan kamu simak tulisan kami yang berikut ini hingga tuntas, lets check this out:

Alat Pemersatu Bangsa
Sumber Gambar dari Situs Flickr

Alat Pemersatu Bangsa 

Tentunya kita semua menyadari bahwa persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia adalah sesuatu yang penting dan tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita menjaga persatuan dan kesatuan negara yang kita cintai ini.

Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia juga menjadi hal yang diinginkan setiap dari kita sebagai warga negara Indonesia. Karena dengan adanya persatuan dan kesatuan maka negara ini akan menjadi aman, tenang, nyaman dan tentram.

Namun sayangnya dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara, ada saja hal-hal yang menyebabkan bangsa ini menjadi terpecah-belah, baik itu yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Kita bisa melihat ini dibanyak media yang mengungkapnya banyaknya perpecahan, keributan, perselisihan, dibanyak daerah di Indonesia, yang tentunya hal-hal seperti ini tidak kita inginkan sama sekali.

Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita semua Bangsa Indonesia untuk senantiasa mengedepankan nilai-nilai luhur kita sebagai identitas Bangsa Indonesia seperti misalnya tenggang rasa, tepa selira, saling menghormati, saling menghargai dan semisalnya untuk senantiasa menjalin persatuan dan kesatuan.

Inilah Alat Pemersatu Bangsa Indonesia

  1. Lambang Negara Indonesia, Burung Garuda.
  2. Semboyan Negara Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.
  3. Bahasa Persatuan Indonesia, Bahasa Indonesia.
  4. Bendera Negara Indonesia, Bendera Merah Putih.
  5. Lagu Kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya.
  6. Konsep Wawasan Nusantara.
  7. Kebudayaan Daerah Sebagai Kebudayaan Nasional.
  8. Dasar Falsafah Negara Indonesia, Pancasila.
  9. Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  10. Konstitusi Negara Indonesia, UUD 1945.
Tentunya masih banyak lagi yang lainnya yang bisa kita jadikan sebagai alat pemersatu Bangsa Indonesia seperti misalnya teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, hari kemerdekaan Bangsa Indonesia, budaya Bangsa Indonesia, sejarah Bangsa Indonesia, dan hal-hal lainnya yang semisal dengannya.

Jika kamu memiliki masukan tentang tulisan ini atau kamu mau menambahkan alat-alat pemersatu bangsa lainnya, kamu bisa berkomentar di bawah.

Nah mungkin hanya sekian saja tulisan dari kamu mengenai alat-alat yang bisa kita jadikan sebagai media dalam persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Semoga tulisan yang relatif singkat ini bisa bermanfaat untuk kalian semua para pembaca yang budiman. Teriam kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi.

0 comments: