Mencoba untuk menginformasikan seputar ilmu pengetahuan dan teknologi

5 Pulau Terbesar di Indonesia Yang Seharusnya Kamu Ketahui

Tulisan kami yang berikut ini mengenai 5 pulau terbesar di Indonesia yang sudah seharusnya untuk kita ketahui bersama sebagai wujud dari kecintaan kita kepada negara kita, Indonesia. So, langsung saja kita simak tulisan yang berikut ini.

Sumber Gambar dari Flickr

Mengenali Pulau-pulau di Indonesia

Ya, Indonesia adalah salah satu negara kepulauan yang ada di dunia ini. Bahkan, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan dengan pulau terbanyak di dunia. Indonesia memiliki sekitar 17 ribu pulau yang tersebar diseluruh penjuru tanah air, dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga Pulau Rote.

Seperti peribahasa kita yang berbunyi "tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta". Oleh sebab itu kita harus mengenal Indonesia supaya kita semakin mencintainya, termasuk salah satunya mengenal pulau-pulau yang ada.

Tentunya pulau-pulau yang ada di Indonesia ada yang besar dan ada juga yang kecil dan pulau-pulau kecil tentunya jauh lebih banyak. Dan tulisan kali ini akan memperkenalkan kepada kamu semua tentang 5 pulau terbesar dinegara kita.

5 Pulau Terbesar di Indonesia, Inilah Dia

1. Kalimantan

Pulau yang dikenal dengan Pulau Borneo ini memiliki luas wilayah sekitar 748.168 km persegi, namun untuk luas wilayah Indonesia sendiri yang ada di Kalimantan hanya sekitar 539.460 kilometer persegi. Jumlah penduduk yang mendiami pulau yang satu ini ada sekitar 14 juta jiwa yang tersebar di 5 provinsi yang ada.

2. Papua

Pulau yang letaknya di timur Indonesia ini memiliki luas wilayah sekitar 785.753 kilometer persegi. Luas wilayah Indonesia sendiri hanya sekitar sekitar 443.066 kilometer persegi saja karena sisanya adalah bagian dari Papua New Guinea. Saat ini Papua memiliki 2 provinsi dengan jumlah penduduk sekitar 3,5 juta jiwa.

3. Sumatera

Pulau yang memiliki sebutan Pulau Andalas ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 50 juta jiwa yang tersebar di 10 provinsi yang ada di pulau ini. Untuk luas wilayah Pulau Sumatera sekitar 473.481 kilometer persegi dengan puncak tertingginya adalah Kerinci yang ada diketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut.

4. Sulawesi

Provinsi yang satu ini biasa disebut dengan sebutan Celebes, luas wilayahnya hanya sekitar 174.600 kilometer persegi. Jumlah penduduknya sekitar 17,5 juta jiwa yang tersebar di 6 provinsi yang ada dipulau ini. Ke-6 provinsi tersebut adalah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan juga Gorontalo.

5. Jawa

Pulau Jawa merupakan salah satu dari lima pulau terbesar di Indonesia, namun urutannya adalah yang paling kecil. Meskipun demikian, Pulau Jawa memiliki sekitar lebih dari 60% penduduk Indonesia. Jumlah penduduknya diperkirakan lebih dari 141 juta jiwa yang mendiami wilayah yang hanya sekitar 128.297 kilometer persegi saja. Saat ini, Pulau Jawa memiliki 6 provinsi yang tersebar dari barat hingga ke timur, dari mulai Provinsi Banten hingga ke Provinsi Jawa Timur.

Nah pertanyaannya, sekarang kamu tinggal di pulau Indonesia yang mana? Kamu bisa menuliskannya di dalam kolom komentar di bawah ini.

Itulah tulisan singkat dari kami seputar 5 pulau terbesar di Indonesia yang sudah seharusnya untuk kita ketahui bersama. Semoga tulisan ini bisa memberikan faidah dan juga manfaat kepada kalian para pembaca yang budiman. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada tulisan-tulisan kami yang berikutnya.

0 comments: